Recent Posts

Votting blog saya
Bagaimana pendapat anda tentang blg saya:






SMS Gratis

Jumat, 24 Februari 2012

Perkembangan Teknologi Masa Depan Dalam I Robot (IMK)

Teknologi, mungkin kata ini sudah sangat tidak asing lagi terdengar di kehidupan kita saat ini. Setiap jengkal aspek kehidpuan manusia sudah sangat tergantung dengan sentuhan-sentuhan ajaibnya. Dimulai dari yang sederhana hingga ke persoalan yang sangat komplekspun saat ini sudah tergantung pada teknologi. Memang tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi saat ini sangat berkembang dengan pesat. Tentu saja hal ini bertujuan untuk mempermudah kehidupan manusia, pekerjaan manusia dapat dilakukan dengan lebih cepat, efektif dan efisien.
Saat ini manusia sudah terbiasa dimanjakan dengan kehidupan yang serba instan dan mudah yang diberikan oleh teknologi. Kita dapat ambil contoh, ketika kita berada dalam ruangan yang ber-AC, tapi kemudian AC berhenti beroperasi, kita langsung teriak karena takut kepanasan. Hal sesederhana ini saja sudah dapat menggambarkan betapa ketergantungan kita saat ini pada teknologi. Belum lagi jika kita berbicara mengenai persoalan kehidupan lain yang lebih kompleks, pasti kita bisa bayangkan betapa tergantungnya kita saat ini pada teknologi.
Untuk itu dalam  artikel ini kita akan mengambil ilustrasi dari sebuah film fiksi mengenai perkembangan teknologi pada tahun 2035 yang berjudul “I ROBOT”.
I Robot merupakan film fiksi ilmiah yang dirilis pada tahun 2004. Film ini disutradari oleh Alex Proyas dan dibintangi oleh Will Smith yang berperan sebagai Detektif Del Spooner dan bintang-bintang lainnya seperti  Bridget Moynahan, Bruce Greenwood, James Cromwell, Chi McBride, Alan Tudyk, dan Shia LaBeouf . Film ini mengambil setting waktu pada tahun 2035, pada masa itu perkembangan teknologi komputerisasi sudah sangat berkembang. Hal ini dapat dilihat dari sudah terciptanya robot, Virtual Reality (VR), VIKI (Virtual Interactive Kinetic Intelligence), dan sudah digunakannya suara untuk memberi  instruksi kepada komputer. Hampir semua aspek kehidupan manusia dikombinasikan dengan system computer yang terintegrasi.
NS 5, adalah nama robot yang diciptakan oleh Dr. Alfred Lanning sebagai pengganti robot versi sebelumnya yaitu NS 4, berbagai macam teknologi mengagumkan terdapat pada NS 5. Yan paling mengherankan adalah t6erciptanya robot yang bernama Sony, robot ini diciptakan dengan hati dan perasaan. Bahkan pada saat tertidur robot ini dapat bermimipi selayaknya manusia.
Masalah bermula ketika Dr. Miles Hogenmiller yang bekerja pada perusahaan U.S Robotics yang dikelola oleh Lance Robertson terbunuh, Del Spooner mencurigai bahwa pelaku pembuuhan tersebut adalah robot. Namun tidak seorang pun percaya pendapatnya. Akhirnya ia berusaha sendiri untuk membuktikan pendapatnya. Pada akhirnya Kecurigaan Del Spooner tentang robot sebagai pelaku pembunuhan tebukti setelah robot NS 5 yang dikendalikan oleh VIKI mulai berontak dan tidak lagi menghiraukan perintah manusia yang membuatnya.
Perjuangan untuk melawan robot-robot dimulai, manusia sebagai pembuat robot harus memusnahkan ciptaannya sendiri. Maka untuk melakukannya, cara yang terbaik adaah menghancurka VIKI sebagai pengendali semua robot NS 5. Dengan perjuangan yang cukup berat, akhirnya Del Spner dapat menghancurkan VIKI dan robot-robot  NS 5 akhirnya dapat terkendali kembali. Akan tetapi untuk mengantisipasi robot kembaliberontak, akhirnya semua robot NS 5 harus dimusnahkan.
Dari ilustrasi diatas dapat diambil beberapa pemahaman mengenai teknologi masa depan. Begitu banyak yang akan terjadi dengan teknologi, khususnya teknologi computer dan digital. Teknologi ini akan terus berkembang dan semakin berinovasi untuk melahirkan sensasi-sensasi teknologi yang mutakhir. Kehidupan manusia akan semakin dikelilingi dengan kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya.
Sepenggal pertanyan dari sebuah pemikiran akahirnya muncul dari benak kepala saya sebai seorang manusia di muka bumi ini. “Apakah manusia siap dengan semua ini?, Apakah benar semuanya baik bagi kelangsungan hidup umat manusia?, Tersediakah energi untuk melakukan dan merealisasikannya?”.
Mengingat tidak ada salahnya untuk mencermati dan waspada, karena dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan sedikit demi sedikit telah mengubur kemampuan manusia, mematikan kerja psikomotorik, serta intuisi menjadi tidak tajam lagi. Ketajaman intuisi sering memberikan hasil di luar yang diperkirakan. Jika intuisi tidak terasah dengan adanya kemudahan tersebut, ibarat keterampilan jika tidak sering dipergunakan maka semakin lama menjadi tidak terampil lagi.
Hal ini tentu saja akan menghilangakan “ensensi dari sebuah kehidupan” manusia. Manusia tentu saja akan melupakan tugas-tugasnya untuk berkerja. Dengan begitu sifat produktif yang terdapat dalam diri manusia akan semakin menghilang, jika sudah begitu akan sangat membosankan hidup ini, lalu unutk apa hidup ini? Selain itu jika semua pekerjaan manusia dilakukan oleh robot lalu dari manusia mendapatkan penghasilan. Kita mengingat ketika revolusi industry berlangsung. Ketika tenaga kerja manusia digantikan oleh mesin, sangat banyak tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan, apalagi jika sudah terciptanya robot.
Teknologi memang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan hidup. Akan tetapi bukan untuk berubah kepada kemudahan yang trbelenggu oleh ketidak produktifan yang menjerumuskan. Teknologi juga dapat meningkatakn taraf dan kualitas peradaban manusia ke tingkat yang lebih baik. Maka untuk semua itu harus di ikuti dengan landasan-landasan pemikiran yang kuat agar tidak merugikan manusia itu sendiri.

http://rionsaputra90.wordpress.com/2010/10/03/perkembangan-teknologi-masa-depan-dalam-i-robot/

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger